Entri Populer

Senin, 02 Juli 2012

SOAL ULANGAN OPTIK


1. Sudut pembias sebuah prisma yang indeks biasnya adalah 60°. Jika sinar datang ke salah satu bidang batas antara udara dan prisma dengan sudut datang 45°, tentukanlah: a) sudut deviasi prisma; dan b) sudut deviasi minimum prisma!


2. Seekor ikan berada di dalam akuarium berbentuk bola dengan jari-jari 30 cm. Posisi ikan itu 20 cm dari dinding akuarium dan diamati oleh seseorang dari luar akuarium pada jarak 45 cm dari dinding akuarium. Bila indeks bias air akuarium 4/3, tentukanlah letak bayangan ikan yang dilihat orang!

3. Sebuah benda diletakkan 15 cm di depan sebuah lensa bikonveks (cembung-cembung) yang jari-jari kelengkungannya 12 cm dan 24 cm terbuat dari kaca dengan indeks bias 1,6. Tentukan: a) fokus lensa tersebut di udara, b) jarak bayangan yang dihasilkan, dan c) lukis pembentukan bayangan!

4. Sebuah benda diletakkan 15 cm di depan sebuah lensa bikonkaf (cekung-cekung) yang jari-jari kelengkungannya 10 cm dan 12 cm terbuat dari kaca dengan indeks bias 1,6. Tentukan: a) fokus lensa tersebut di udara, b) jarak bayangan yang dihasilkan, dan c) lukis pembentukan bayangan!

5. Sebuah lup mempunyai kekuatan 10 dioptri. Hitunglah tinggi bayangan benda, jika lup tersebut digunakan oleh orang bermata miopi dengan titik dekat 20 cm untuk mengamati benda yang tingginya 50 mm dengan mata tak berakomodasi!

6. Sebuah mikroskop dengan titik fokus lensa objektif dan okuler masing-masing 1,8 cm dan 5cm. Jika benda berada 2 cm di bawah lensa objektif dan mata berakomodasi maksimum, tentukan: a) perbesaran mikroskop, b) jarak lensa objektif dan okuler, dan c) lukis pembentukan bayangan!

7. Sebuah teropong bintang dengan titik fokus objektif dan okuler masing-masing 125 cm dan 5 cm. Jika mata pengamat tak berakomodasi, tentukan: a) perbesaran teropong b) jarak lensa objektif dan okuler, dan c) lukis pembentukan bayangan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar